Apfel-Tarte

01.56 Posted In Edit This 0 Comments »

Bahan Kulit:
250-275 gr tepung terigu
150 gr butter (suhu dingin, potong²)
1,5 sdm gula (saya pakai brown sugar)
1 butir telur
1/2 sdt garam

Isi:
3-4 butir apel uk kecil yg rasa asam manis ( saya pakai jenis booskop)
1 butir jeruk lemon
250-350 gr apfelmus (apel pure, bisa beli jadi ato bikin sendiri)
2 sdm braun sugar (bisa lebih jika suka)
sedikit kayu manis bubuk

Glasur:
2 sdm selai aprikot
3 sdm air hangat

Cara membuat:
1. Campur semua adonan kulit di dlm baskom, kocok dgn menggunakan kocokan spiral hingga adonan kalis. Bentuk bulat, tutup dgn plastik folie dan simpan di dlm kulkas minimal 2 jam (bisa dimalamkan).
2. Giling adonan hingga agak tipis. Letakkan adonan didlm loyang, tusuk² dgn garpu. Panggang di dlm oven dgn suhu 180°c selama kira² 15 menit. Jika anda memakai cetakan dari keramik, letakkan loyang di bagian yg terbawah. Angkat dari oven dan dinginkan.
3. Sementara itu kupas apel, bersihkan dari bagian tengahnya. Balur apel dgn perasan air jeruk lemon spy warnanya tdk berubah. Iris apel tipis dan memanjang.
4. Tuang apel mus ke atas adonan kulit yg sdh 1/2 matang, ratakan. Susun apel secara rapat dan rapi. Kemudian taburi dgn campuran braun sugar dan kayu manis bubuk. Panggang hingga matang dgn suhu 160 °c selama 30 menit.
5. Masak selai aprikot dan air, kemudian disaring. Balur tarte dgn selai ini supaya terlihat lebih mengkilap dan menarik. Tarte siap utk disantap (biasanya disantap saat kue masih hangat ditemani whipped cream yg sdh dikocok dan teh hangat).

Tip: rasa kue akan lebih enak jika apel pure anda buat sendiri. Campur apel pure dgn gula, kayu manis bubuk dan cengkeh utk menguatkan aroma.

0 komentar: