GELLATO DI NOCCIOLA

01.38 Posted In Edit This 0 Comments »
Bahan:
125 gr kacang Hazel
150 gr braun sugar/gula pasir
425 ml susu segar
200 ml fresh cream/ whipped cream letakkan di dlm kulkas
sedikit vanili bourbon
3-4 butir kuning telur uk sedang

Cara membuat: 
1. Sangrai kacang hazel hingga matang atau bisa juga di oven ( 180-200 °c selama 10-12 menit). Setelah itu tuang ke atas kertas atau lap bersih, tekan sambil digilling utk melepaskan kulit arinya. Dari pengalaman saya, biasanya tdk semua kacang hazel bisa dilepas kulit arinya. Hal ini tidak menjadi masalah.
2. Setelah itu, giling halus kacang hazel dgn food processor atau mesin penggiling.
3. Tuang susu segar, gula, vanili dan kacang hazel bubuk, masak hingga gula larut. Matikan api, sisihkan hingga suhunya agak turun.
4. Sementara itu kocok kuning telur didlm baskom metal, kemudian kocok telur diatas air panas hingga telur hangat, kental dan sedikit memutih. Sisihkan.
5. Saring air susu-kacang hazel untuk mendapatkan cairan yang fine. Campur sedikit demi sedikit cairan yg hangat kuku ini ke dalam kuning telur, aduk rata. Letakkan didalam kulkas hingga benar² dingin.
6. Sebelum ice cream maker dikeluarkan dari freezer, kocok fresh cream hingga agak sedikit kaku. Campurkan ke dalam cairan susu-kacang-telur, aduk rata.
7. Siapkan ice cream maker (tentu saja sdh didinginkan di dlm freezer selama semalam). Pasang sesuai aturan. Tuang adonan ice cream ke dalam mesin, aduk selama 20-30 menit atau hingga mesin berhenti sendiri.
8. Voila....Gellato di Nocciole is ready....... ice cream dapat di hias dgn coklat yg dilelehkan atau dapat pula ditaburi dgn kacang yg di cincang....Bon Appetite....

Ps: Disetiap ice ceam yang akan Anda bikin, komposisi susu dapat diganti dengan fresh cream, rasanya pasti lebih lezat, hanya saja hati² dgn kolesterol Anda. Sekedar Info mengenai komposisi lemak, di dalam susu segar full-milk sekitar 3,5- 4 %, fresh cream sekitar 30%.

0 komentar: